5 Tempat yang Wajib Kamu Kunjungi Saat di Sumatera Utara

Siapa yang tidak senang bila diajak liburan. Apalagi berlibur ke tempat yang belum pernah dikunjungi. Setiap orang pasti menantikan jadwal libur mereka, entah libur sekolah, kuliah, maupun bekerja. Waktu libur biasanya digunakan untuk pulang kampung, mengunjungi saudara, ataupun melakukan perjalanan ke suatu tempat seperti, pantai, hutan, gunung maupun tempat lainnya.

Bagi sebagian orang menganggap liburan hanya menghambur-hamburkan uang saja, apalagi saat memutuskan untuk berpergian ke suatu tempat yang banyak memakan biaya. Liburan dianggap hanya  memberikan feedback berupa kenangan dan foto-foto saja.

Namun pada kenyataannya beberapa penelitian mengungkapkan bahwa liburan bermanfaat sebagai bentuk manajemen stress yang dialami ketika jenuh atau burn out menghadapi perkuliahan, pekerjaan maupun rutinitas lainnya. Selain itu ada manfaat lainnya yang didapat dari liburan;

Meningkatkan kreativitas

Liburan dapat memberikan stimulasi baru dan memungkinkan Anda untuk mengalami hal-hal baru. Ini dapat membuka pikiran Anda dan meningkatkan kreativitas.

Meningkatkan perasaan Bahagia

Liburan  dapat meningkatkan perasaan bahagia. Liburan memberikan kesempatan untuk melakukan aktivitas yang menyenangkan, menikmati pemandangan yang indah, dan menjauh dari tekanan dan kekhawatiran yang ada di kehidupan sehari-hari. Semua itu dapat membantu meningkatkan perasaan bahagia dan kepuasan hidup.

Meningkatkan kualitas tidur

Stres dan kecemasan dapat mempengaruhi kualitas tidur, yang dapat memperburuk kesehatan mental. Dengan berlibur, Anda dapat menjauh dari stres dan menikmati waktu yang lebih santai, yang dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak. Sebuah studi tahun 2013 yang diterbitkan dalam jurnal Applied Research in Quality of Life menemukan bahwa orang yang mengambil liburan merasakan peningkatan dalam kualitas tidur mereka, dan efek ini dapat bertahan hingga beberapa minggu setelah kembali dari liburan.

Melihat hal tersebut, dapat dipastikan bahwa liburan atau berpergian ke alam atau tempat sejenisnya bukanlah sebuah hal yang tidak berguna atau sia-sia. Bagi kalian yang sudah tahu apa manfaat dari berlibur, kini kita akan membahas tempat liburan yang bisa kalian kunjungi ketika sedang liburan.

Kali ini kita akan membahas destinasi wisata yang ada di Provinsi Sumatera Utara. Bagi kalian masyarakat Sumatera Utara atau yang sedang berkunjung ke Provinsi satu ini ada beberapa tempat yang bisa kalian kunjungi dan pastinya tidak mengecewakan yaitu :

Puncak 2000 Siosar

Puncak 2000 Siosar menjadi salah satu tempat wisata paling populer di Sumatera Utara. Disebut Puncak 2000 karena hampir 2000 meter di atas permukaan laut. Negeri di Atas Awan menjadi julukan yang tepat untuk Puncak 2000 Siosar, mempunyai hawa yang  sejuk  perbukitan hijau, dan pemandangan alam yang eksotis. Di tempat ini kalian dapat melakukan berbagai aktivitas yang menarik dan menyenangkan.

Patung Yesus Sibea-bea
Wisata patung Yesus Raksasa di Sibea-bea merupakan destinasi wisata baru di Sumatera Utara. Tempat ini baru diresmikan pada 18 Februari 2023 dan telah menjadi salah satu ikon wisata rohani masyarakat Toba. Ketinggian patung Yesus Sibea-bea ini mencapai 61 meter mengalahkan tinggi patung Yesus yang ada di Brazil. Hal ini membuat patung Yesus di Sibea-bea menjadi patung Yesus tertinggi di dunia.

Bagi kalian yang penasaran, sudah bisa menjadikan tempat ini masuk daftar list tempat disaat kalian berlibur ya.

Air Terjun Efrata
air terjun setinggi 20 meter ini berada di kawasan perbukitan hijau. Untuk sampai lokasi air terjun, pengunjung harus berjalan kaki kurang lebih 50 meter. Lokasinya ada di Sosor Dolok, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir. Air terjun Efrata juga berada dekat dengan Danau Toba, sehingga kerap dikunjungi wisatawan.

Pantai Sorake
Bagi kalian pecinta surfing, tempat ini menjadi pilihan yang tepat untuk dikunjungi saat liburan nanti. Tempatnya terletak di Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara.  Melansir laman Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, pantai ini masuk daftar 10 besar tempat surfing terbaik di dunia, bersama dengan Hawai. Sebab, Pantai Sorake memiliki ombak dengan ketinggian mencapai 10-12 meter. Waktu terbaik berkunjung ke Pantai Sorake untuk selancar pada Juni-Juli.

Tjong A Fie Mansion 
Para pecinta budaya dan sejarah sebaiknya tidak melewatkan kunjungan ke Tjong A Fie Mansion ketika berada di Sumatera Utara. Melansir laman resminya, Tjong A Fie Mansion merupakan kediaman Tjong A Fie, seorang seorang saudagar dan filantropis asal China. Bangunan Tjong A Fie Mansion terdiri dari dua lantai dengan 35 kamar seperti dikutip dari laman resminya. Bangunan yang dibangun pada 1895 ini, telah diakui sebagai bangunan warisan budaya dan museum. Gaya arsitektur Tjong A Fie Mansion memiliki pengaruh China, Melayu, dan Art Deco. Wisata budaya dan sejarah seluas 8.000 meter persegi ini berada di Jalan Ahmad Yani Nomor 105, di Kesawan, Kota Medan.

Penulis | Agung Bukit

Related posts

Leave a Comment